Minggu, 02 Desember 2012

Harga Sebuah SKS



Tentunya semua mahasiswa/i pasti mengenal apa itu SKS?? 

SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester, nah saat ini saya mau membahas sebuah harga SKS. Dikampus saya, anggaplah pembayaran BPP sebesar Rp. 5.650.000,-/ semesternya ( 20 SKS ), dan setiap pertemuannya punya bobot 2 SKS dan setiap 2 SKS ada 13x pertemuan.
Yuk mari berhitung :

Rp. 5.650.000,- dibagi 13x pertemuan = Rp. 434.615,-
Lalu Rp. 434.615,- dibagi lagi dengan 20 SKS = Rp. 21.730,- / SKS
Nah tadi khan saya menyebutkan kalau tiap petemuannya ada 2 SKS, jadi kita kalikan saja seperti ini:
Rp. 21.730,- x 2 SKS = Rp. 43.460,- / pertemuan.

Bisa dilihat bukan kalau harga di setiap pertemuannya sama seperti saat kita menonton bioskop, coba deh buat kalian yang hobi cabut/bolos karena alasan bosan, males, dosennya nggak asik, enakan tidur dirumah,dsb, cobalah untuk kita dapat mengerti, orang tua kita mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk dapat mengkuliahkan kita. Bandingkan dengan mereka yang ada di luar sana, mereka ingin sekolah, ingin bisa kuliah tapi keuangan mereka tidak mendukung. 

Walaupun sesulit apapun materi yang di ajarkan ataupun cara mengajar dosen yang tidak kita sukai,  secara tidak langsung sebenarnya kita sedang mengasah kemampuan diri kita dan belajar untuk bisa menghargai waktu dan sebuah harga. Saya yakin mahasiswa/i bukanlah anak kecil lagi, sebab kita semua sedang dalam tahap perkembangan menjadi dewasa, jadi kita harus bisa tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik. ^.^V

Semoga blog ini dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar